Skip to main content
Biaya Pembuatan Aplikasi Marketplace Perlu di ketahui

Biaya Pembuatan Aplikasi Marketplace Perlu di ketahui

Ponsel pintar tidak bisa lepas dari yang namanya aplikasi. Semua aktivitas yang dilakukan dengan ponsel pintar pasti menggunakan aplikasi. Begitu halnya dengan belanja online, dibutuhkan aplikasi seperti Shopee, Lazada, TokoPedia dan semacamnya. Lalu, berapa ya kira-kira biaya pembuatan aplikasi marketplace seperti itu? Walaupun tidak bisa dipastikan jumlahnya, dan hanya pengembang yang mengetahuinya, namun kami akan mencoba untuk membuat rinciannya.

Jika dilihat dari banyaknya fitur yang ada saat ini, semua total yang dikeluarkan bisa jadi mencapai miliaran. Namun ada baiknya jika kita perhatikan dulu MVP untuk melihat nilai awalnya. MVP merupakan minimum variable product, yang mana menjadi acuan pertama ketika produk baru dirilis. Fitur yang terkait dengan MVP diantaranya untuk registrasi, login, tampilan produk dan harga, sistem pembayaran dan masih banyak lainnya. Intinya, MVP merupakan fitur standar yang harus ada sehingga aplikasi bisa digunakan.

Faktor yang Mempengaruhi Biaya Pembuatan Aplikasi Marketplace

Dari setiap pembuatan aplikasi marketplace, banyak faktor yang menentukan harga yang harus disiapkan. MVP hanya standar, masih banyak faktor lain yang sangat mempengaruhi. Berikut merupakan faktor yang dimaksud!

Jumlah Produk

Jumlah produk sangat mempengaruhi fitur lain yang harus ditambahkan. Jika hanya puluhan atau ratusan produk mestinya tidak terlalu masalah, namun bagaimana dengan ribuan produk atau puluhan ribu? Fitur seperti filter dan pencarian tentu akan sangat dibutuhkan, termasuk fitur kategori produk.

Biaya Pembuatan Aplikasi Marketplace Perlu di ketahui

Platform yang Digunakan

Selain mempengaruhi biaya, platform juga mempengaruhi semua fitur yang akan dimasukkan. Sebagai contoh platform SaaS dengan harga terjangkau yang memberikan fitur cukup lengkap. Faktor lain seperti Magento atau WooCommerce juga bisa menjadi solusi. Namun ada baiknya jika anda konsultasi terlebih dahulu dengan jasa pembuat aplikasi Android yang terkait.

Desain

Anda bisa melihat salah satu contoh marketplace ternama saat ini, yaitu Shopee. Desain yang digunakan sangat sederhana dan mudah dipahami oleh pemula sekalipun. Tidak hanya itu, kemudahan pengguna dalam melakukan pencarian produk juga dirasakan oleh aplikasi Shopee. Hl ini juga mempengaruhi besaran biaya yang harus dikeluarkan.

Lama Pengerjaan

Umumnya, proses pengerjaan yang lebih lama juga membuat biaya yang harus dikeluarkan lebih besar. Pada dasarnya, jasa pembuatan aplikasi juga terhitung biaya per hari. Artinya, pembayaran developer dihitung harian, bukan bulanan atau mingguan.

Rincian Biaya Pembuatan Aplikasi Marketplace

Cukup membingungkan jika hanya melihat faktor yang mempengaruhi, namun tidak didapatkan biaya pasti. Sebagai contoh, kami hanya memberikan yang paling sederhana, yaitu berupa MVP.

Meskipun hanya standar dan tidak mempunyai fitur pelengkap lain seperti game, chat, rating produk DLL, MVP juga membutuhkan beberapa developer sesuai bidang masing-masing. Setiap developer tentu membutuhkan biaya yang bervariasi, berikut rinciannya!

  • Project manager: Rp. 12.000.000 per bulan
  • UI UX Design: Rp. 6.000.000 per bulan
  • Web programmer: Rp. 5.000.000 per bulan
  • Android programmer: Rp. 10.000.000 per bulan
  • App tester: Rp. 3.000.000

Total: Rp. 35.000.000 per bulan

Dalam pembuatan sebuah aplikasi, dibutuhkan waktu yang tidak sedikit. Sebagaimana telah disebutkan tadi, biaya juga tergantung dari lamanya proses pembuatan. Ambil estimasi pelaksanaan hingga akhir selama 3 bulan atau 90 hari, berarti anda harus mengeluarkan biaya Rp. 105.000.000.

Tunggu dulu, biaya diatas belum peralatan atau tools yang digunakan, hanya sebagai proses produksi saja. Ditambah dengan peralatan yang dimaksud, kalkulasi yang didapat sekitar 110.000.000 rupiah.

Penutup

Itulah contoh hitungan kasar dari biaya pembuatan aplikasi marketplace secara sederhana. Jika anda berminat membuat aplikasi sejenis itu, maka siapkan modal yang lebih ya! Pasalnya, setiap developer aplikasi juga berbeda harga yang ditawarkan.